Tuesday, February 4, 2014

Alzheimer atau Gegar Otak?!

Hai bloggers!
so long time no see, yeah!? (who cares? haha)
sebenar dan sejujurnya postingan malam ini tanpa tema, tanpa ide, tanpa perencanaan. (lha trus kenapa nulis?-_-) entahlah, sepertinya gue "rindu" membuat jemari gue menar-nari diatas keyboard, bukan cuma sebatas di atas mouse pad yang belakangan ini gue kerjakan (rd: bikin ilustrasi, dkk). yah, sudah lama rasanya gue tidak menyalurkan imajinasi - imajinasi gue diatas keyboard seperti yang sudah - sudah. selain ide yang sulit muncul, juga karena sebuah hobi baru yang membuat gue berasa lagi ditingkatan paling atas dari sebuah ke-autis-an! *okesip-_-
file - file dalam bentuk .docx sepertinya sudah mulai berdebu. kalah saing dengan file - file dalam bentuk .psd. entahlah. padahal salah satu target gue adalah BE A SUCCESS WRITER. but why i dont finish any story, yet??
sebenarnya (lagi) saat ini gue sedang nulis sebuah kisah yang "terinspirasi" dari kisah gue sendiri. sinopsisnya udah ada dalam otak gue, tapi ya itu tadi. baru aja sebaris dua baris, kepala langsung berasa mampet, sulit banget rasanya menyampaikan apa yang ada dalam otak gue ke dalam sebuh tulisan, sebuah karya. hey! what's wrong with me!?? dulu aja gue sanggup buat cerita one shoot dalam semalam, tapi kenapa sekarang nulis satu halaman aja butuh waktu sekian minggu:|

gue ngerasa ada yang salah dengan otak gue. daya ingat gue berasa semakin lemah. buat menghapal sesuatu itu sekarang butuh diulang berkali - kali. padahal sewaktu masih dibangku sekolah, gue bukan murid yang bodoh, bahkan gue bisa dikatakan selalu dapat rangking (cie ileee). tapi semenjak duduk dibangku kuliahan, entah kemana perginya prestasi gue yang selama ini dibanggain ayah dan ibu. ditambah semakin kesini rasanya otak gue semakin sulit buat mengingat. kadang, bisa kejadian yang baru aja terjadi gue lupa-_- (bahaya nih kalo punya pacar. tar malah lupa lagi xD)
hei, tiba - tiba gue jadi teringat tentang alzheimer! semoga saja bukanT^T (brb gugling tentang alzheimer).

Berikut adalah 10 gejala alzheimer seperti dipaparkan Suharya :
1. Gangguan daya ingat
Penderita alzheimer kerap lupa kejadian yang baru terjadi, lupa janji, dan membicarakan hal yang sama berulang kali. Hal ini terjadi berulang kali, hingga kadang membuat orang lain kesal.

2. Sulit fokus
Orang dengan alzheimer sulit melakukan pekerjaan sehari-hari. Mereka juga butuh waktu lebih lama menyelesaikan pekerjaan.

3. Sulit melakukan kegiatan familiar
Penderita alzheimer sulit melakukan tugas sehari-hari. Mereka juga kesulitan melakukan hal yang biasa seperti mengemudi, menulis, atau menghitung.

4. Disorientasi
Penderita alzheimer biasanya lupa tanggal dan hari penting. Mereka juga tidak tahu sedang berada dimana dan bagaimana jalan pulang.

5. Kesulitan memahami visuospasial
Penderita alzheimer kesulitan membaca, menentukan jarak, membedakan warna, dan tidak mengenali wajah sendiri. Umumnya mereka tidak mengenali suatu benda hingga salah sebut, atau tidak pas meletakkam sesuatu.

6. Gangguan komunikasi
Penderita alzheimer kesulitan berbicara dan mencari padanan kata yang tepat. Mereka juga kerap berhenti di tengah pembicaraan, dan bingung melanjutkannya.

7. Menaruh barang tidak pada tempatnya
Orang dengan alzheimer kerap lupa dimana meletakkan sesuatu. Terkadang mereka menuduh orang lain memindahkan dan mencuri barang tersebut.

8. Salah membuat keputusan
Penderita alzheimer kerap berpakaian tidak serasi, dan tidak bisa merawat diri dengan baik.

9. Menarik diri dari pergaulan
Penderita alzheimer tidak bersemangat untuk bersosialisasi. Mereka juga cenderung mengurung diri.

10. Perubahan perilaku dan kepribadian
Emosi penderita demensia mudah berubah mulai dari bingung, curiga, depresi, takut, hingga menjadi kembali ramah. Mereka juga sangat bergantung pada orang lain.

"Kalau satu saja sudah ada sebaiknya waspada dan segera periksa, karena penyakit alzheimer menyerang perlahan"-Suharya


kutipan terakhirnya semacam horor. karen entah kenapa rasanya ada salah satu gejala diatas yang gue alami-- Sulit melakukan kegiatan familiar.  tapi, yang jadi pertanyaan gue adalah menghitung yang dimaksud di sini itu menghitung seperti apa? menghitung banyaknya jumlah benda kah atau menghitung penjumlahan nilai? soalnya gue ngerasa sekarang kemampuan gue ngitung (penjumlahan) itu menurun banget. entah kenapa 12500 + 1342 terkadang jadi sulit buat gue. padahal waktu masih sekolah gue bisa dikatakan jago matematika-_-
dan dalam peng-gugling-an tentang alzheimer tadi, gue menemukan kalimat ini:

"Gegar otak ringan umumnya disebabkan oleh benturan kepala bagian belakang, di bagian kepala belakang terdapat otak besar yang merupakan pusat pengendali keseimbangan dan pikiran manusia.
Ciri-ciri gegar otak ringan adalah, keseimbangan tubuh yang terganggu dan sulit untuk mengingat berbagai pengalaman yang pernah terjadi." (cr: Juwita Senja)

nah, kalo gue fikir - fikir mungkin ini lebih cocok(?) dengan kondisi gue. kenapa?? karena disaat umur gue 2 tahunan gue pernah jatuh guling - guling dari tangga dan hasilnya kepala bagian belakang gue terhempas. emang sih, sewaktu pemeriksaan lebih kurang 19 tahun lalu itu dokter menyatakan gue nggak kenapa - kenapa, tapi gue jadi sering pusing. dan satu hal: gue nggak bisa inget semua kejadian yang udah pernah terjadi, sampai - sampai gue emang lupa sama sekali. pernah sekali, temen SMA gue nge-tag foto di facebook, dan itu foto kita lagi main bola. asli gue nggak tau itu kapan!-_- lebih parahnya nih, gue nggak inget sama temen SMA gue! namanya inget sih, tapi wajahnya sama sekali LUPA! oh My God! oke, sepertinya lebih baik gue memriksakan kondisi otak gue secepatnya ke ahli nueorolgi sebelum penyakit lupa gue semakin akut-_-





note: ternyata nulis tanpa perencanaanpun masih bisa menghasilkan sebuah postingan yang lumayan berguna:D

No comments:

Post a Comment