Friday, June 15, 2012

Sekilas Farmasi UNAND

wohoo saya kembali lagi Monkey Emoticon
sekarang udah bulan Juni lho, dan sebentar lagi pastinya tahun ajaran baru. yeyeye gue punya "adik" baru lagi u,u
tujuan gue buat postingan ini adalah
kali aja ada yang pengen kuliah di farmasi terus nyari tahu farmasi itu seperti apa dan nyasar deh ke blog gue. lumayan kan, selain nambah viewer juga bisa berbagi ilmu :D
so, seperti apa sih Farmasi unand itu? seperti perkenalan lainnya, sejarah akan selalu menjadi tempat pertama. but, disini gue ga bakal memberikan penjelasan tentang itu karena lo bisa baca sendiri di sini
mungkin gue hanya akan sedikit berbagi bagaimana susah-senang nya selama memasuki tahun ke-3 gue di farmasi UNAND ini.
gue tebak ya. bagi lo yang mau masuk farmasi unand pasti udah sering denger kan kata - kata satu ini "Di farmasi unand itu OSPEK nya setahun lho". yah, itu bener. tapi disini itu namanya "BBM&K" (Bina Bakat Minat dan Kepemimpinan). bukan ospek yang cuma plonco - ploncoan yang ga jelas, tapi selama pembinaan gue akui lo bakal banyak dapat pembelajaran. mulai dari belajar buat ngomong di depan orang banyak, melatih lo yang dulunya takut - takut jadi pemberani, dan masih banyak hal lain.
gue ga munafik. dulu gue ga ada bedanya kok sama mahasiswa baru farmasi lainnya. selau berfikir apa sih guna dari semua ini. sampe pernah gue ama temen - temen lain nangis gara - gara senior. hahahaha. yah, namanya juga anak SMA baru lulus kemaren. waktu sekolah mikirnya bakal kuliah dengan tenang seperti orang lain yang kalo kuliah itu berdandan, pake baju cantik, sepatu cantik. lah kami? harus selalu menggunakan rok dan ga boleh dandan sama sekali. awalnya gue emang sedikit sulit nerima, soalnya gue gabiasa men make rok gitu. yah istilahnya rada tomboy gitulah. tapi namanya ini udah pilihan gue, ya gue harus bisa menjalaninya dengan ikhlas kan? *cieileee*
jujur, selama pembinaan itu gue capeeeeeeeeeeeeekkk banget, capek hati, fikiran juga. tapi gue berusaha untuk menjalani semuanya seperti air yang mengalir *eaaak*
nah, jadi selama pembinaan itu kita ga diem aja lho. kita dilatih untuk mengangkatkan 3 acara dalam rentang waktu yang sudah ditentukan.
yang pertama itu namanya "Pembukaan BBM&K"
sesuai namanya, inilah awal dari BBM&K yang sebenarnya. di setiap acara, pasti ada acara formal dan non formalnya. kalo yang formal itu ya samalah seperti pembukaan acara pada umumnya. ada tari pasambahan, kata sambutan, baca Al_quran, dll. setelah acara dibuka secara resmi, barulah kita berlanjut ke acara non formal. di acara non formal ini sama seperti penampilan bakat. kita diminta untuk membuat sebuah acara yang menghibur. tapi jangan harap deh acara kita bakalan sampe abis. karena nanti ditengah acara, senior akan masuk untuk nge-cut acara kita dan membuat acara turun - temurun yang diberi nama "Batagak Gala" (Pemberian Gelar). di acara ini, sebelumnya senior udah melatih beberapa teman kita yang laki - laki untuk memainkan sebuah komedi singkat. daaaaan, selama acara itu berlangsung, kita -mahasiswa baru- gaboleh ada yang ketawa, senyumpun dilarang! *kayak ditahan tawa itu ;lho* pelajaran yang bisa gue ambil dari sini: kita dilatih untuk memiliki rasa kebersamaan, rasa memiliki. simplenya, masa sih kita ngetawain temen sendiri? sedangkan mereka di depan itu bukan kehendak mereka. mereka merasa dipermalukan tetapi kita menertawakan mereka? yang bener aja!
selesai pembukaan. kemudian kita akan disuruh membentuk kepantiaan baru untuk acara ke-2, yaitu "Anjangsana". anjangsana ini sejatinya acara menghibur dan memebrikan bantuan kepada anak - anak panti yang membutuhkan. nanti, kita akan selalu ada rapat bersama senior. membahas segala sesuatunya yang berjkaitan dengan anjangsana tersebut. disaat acara berlangsung, kita diharapkan untuk tidak membiarkan satu anakpun yang hanya duduk diam dan sendiri. pelajaran yang bisa gue ambil: kepedulian.
terakhir, ini acara yang sakral banget. karena setelah acara ini terangkatkan, maka terbebaslah semua MABA farmasi uanand dari pembinaan. hahahaha. namanya "Bhakti Farmasi" (biasanya kita nyingkatnya jadi BF). namanya aja udah bhakti, berarti pengabdian masyarakat dong. untuk acara ini, ga akan selesai sehari. jadi kita akan melaksanakannya selama 3 hari. tempatnya juga ga sembarangan, selain harus ditempat penduduk yang benar - benar membutuhkan, juga harus bisa aman untuk dijadiakan tempat nginep. pokoknya kalo gue bilang rapat untuk membahas bhakti farmasi ini lah yang paling panjang.
selesai 3 acara, dan selesailah pembinaan. setelah gue dinyatakan LULUS dari pembinaan, gue baru nyadar apa guna dari semua yang gue lalui selama masa pembinaan. sejak dinyatakan lulus, gue berasa punya keluarga baru yang hangat nya ga kalah dari kopi panas. farmasi unand itu terkenal dengan "Kekeluargaannya". yah gue akui, itu memang benar. gue nggak pernah bosan dengan farmasi karena keluarga baru gue.
kalo lo nanya masalah kuliah nya gimana, jujur aja gue bilang "CAPEK". namanya juga kuliahnya exact, kesehatan lagi. ya wajar aja sih. tapi selain capek juga "luamayan" berat. soalnya semuanya akan berhubungan dengan KIMIA. jadi buat lo yang ga minat KIMIA sama sekali, mending urungkan niat deh masuk farmasi!

note: hiduplah dengan selalu berpositif thinking :D

6 comments:

  1. buat MABA farmasi unand, nggak semua cerita diatas bakalan lo rasain. Semua akan berubah sesuai dan seiring perkembangan zaman

    ReplyDelete
  2. tapi calon MABA, lo harus percaya kalo apa yang diajarkan oleh farmasi UNAND tujuannya insya Allah baik :)

    ReplyDelete
  3. yah yah yang dikatakan oleh si "anymous" diatas emang bener. seiring perkembangan zaman pasti akan ada perubahan dari sistem - sistem farmasi :D dan insyaAlaah perubahan itu lebih baik lagi :)

    ReplyDelete
  4. waaaahhh... strategi pembinaan dibocorkan secara massal nie. Bem harus ganti format ke konsep yang lebih up to date dan lebih baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihhihi bocor dikit gpp lah da, biar maba ga kaget banget tar :p
      iya da, dan kebetulan sekarang masa kami 010 yang jadi pembina. mohon bantuannya da :)

      Delete
  5. pngn bgt jadi mahasiswi farmasi unand 2015

    ReplyDelete