Saturday, June 16, 2012

Say No to "MAAG"!

hai blogger!
hem, ada apa ya dengan postingan gue kali ini? kenapa say no to maag? maag itu bukannya artinya "ibu" dalam bahasa gaul? (maag = maak (?)) wohooo, bukan bukaaaan. kali ini gue ga bakalan nyinggung bahasa gaul atau apalah itu namanya. Maag (rd: mah) yang gue singgung disini adalah penyakit yang menyerang lambung. pada tau kan?? kenapa pagi - pagi gue posting begini? karena kemaren malem "seseorang" sudah dengan sekenanya mengundang maag gue (?) dengan tampang tak berdosa! hasilnya? gue susah tiduuur mamenMonkey Emoticon


jadi, sepagi ini gue mau berbagi sama lo semua terutama yang memiliki gejala maag, atau mungkin sudah bernasib sama ama gue. hahahaha. dan katanya ni, maag itu penyakit yang sering menimpa anak kos. kalo ga maag, ga anak kos namanya *eh
maag itu biasanya diawali karena stress. akibat stress, serabut - serabut saraf pencernaan menjadi kacau sehingga dapat merangsang pengeluaran asam lambung yang berlebihan. tambah lagi jika kita sudah terbiasa "telat" makan, maka semakin menjadi - jadilah sakit diulu hati yang disebabkan oleh asam lambung tersebut. nah, bagaimana cara menghindari hal tersebut?
yang pastinya, atur pola makan sedemikian rupa (3 kali sehari). kadang yang sering terlupa adalah makan siang, kan? untuk mensiasatinya, selalu sediakan biskuit (lebih baik yang lunak) di dalam tas lo. biar asam lambung yang tadinya ga ada kerja, jadi ada kerja deh untuk mencerna biskuit dan jumlahnya menjadi berkurang.
kalo misalnya ga ada biskuit? susu kemasan siap minum juga boleh kok. yang penting perut lo ada isinya, ga kosong. intinya, makan ga perlu banyak, tapi usahakan sesering mungkin agar lambung kembali normal.
setiap penyakit itu kan ada pantangannya ya? kalo maag ada juga ga? pasti ada dooong. ini berdasarkan pengalaman gue ya:
 1. hindari makhluk (?) yang bernama CABE! apalagi cabe hijau. jangan coba - coba deh makannya disaat perut lo benar - benar kosong. gue aja kapok Monkey Emoticons yang jelas itu, yang pedes - pedes lah. kalo bisa hindari dulu saat perut lo belum "dialas" sama sekali.
2. jauhi sesuatu yang disebut SANTAN! nah, bagi penderita mmag, santan adalah momok yang bener - bener harus dihindari, apalagi disaat perut kosong.
3. makan yang teratur! jangan pernah sekali - sekali lo biarin cacing didalam perut lo berdemo sampai meronta - ronta (?). maksudnya, kalo udah kerasa lapar sikit aja, langsung bawa makan. jangan ditunda.
selain yang diatas, gue juga baru dapat nih. ternyata penderita maag itu gaboleh makan yang asem - asem, bergas. contohnya kayak durian. durian itu selain bergas, juga bisa bikin perut panas lho. jadi, kalo mau makan durian jangan dalam keadaan perut kosong ya. terus yang asem itu kayak nenas. eh tapi, ternyata gorengan juga ga baik Monkey Icons. hemmm. terus juga makanan yang bertekstur keras, kayak dendeng. soalnya biar lambung ga sussah buat mencernanya.
selain itu, gue juga dapat nih makanan sehat bagi penderita maag. simak yaa..
1. PISANG MASAK
Pisang mengandung Kalium yang dapat menyeimbangkan pH. selain itu, pisang juga dapat memberikan rasa kenyang pada perut. pisang juga kaya dengan potasium yang dapat menormalkan peningkatan darah akibat stress. 
2. KENTANG

kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik, sehingga akan memberikan rasa kenyang yang cukup lama. selain itu, kentang bersifat basa yang jika dikonsumsi setiap pagi dapat menetralisir asam lambung.
3. BROKOLI

brokoli mengandung sulfur yang berperan sebagai antioksidant pelindung lapisan dalam kulit lambung. selain itu brokoli juga mengandung vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh.
4. BUBUR AYAM

bubur ayam ini untuk penderita maag akut dapat mencegah serta meringankan serangan rasa sakit. karena bubur ayam yang bertekstur lembut ini sangat mudah untuk dicerna oleh lambung.
5. LIDAH BUAYA
nah, pada tau kan ama lidah buaya? *lidah yang ada dibuaya kan?* bwahahaha, bukan, bukan itu yang gue makasud. itu lho, tanaman warna ijo yang dagingnya itu warna putih dan disisi - sisinya ada duri. 
ini kalo yang dibelah
ini yang utuhnya
lidah buaya ini bermanfaat unutk meredakan panas. mengandung antrakuinon dan kuinon yang berkhasiat sebagai antobiotik, penghilang rasa sakit dan perangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. selain itu, juga mengandung mukopolisakarida yang berkhasiat untuk memulihkan peradangan, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.

tentang penyakitnya udah, pencegahan udah, pantangan udah, makanan sehatnya juga udah. kayaknya udah cukup ya. kesimpulannya, sayangi lambung lo sebelum maag datang berkunjung. dan buat penderita maag *seperti gue* jangan lupa untuk mengisi lambung setiap saat, jangan pernah biarkan lambung dalam keadaan kosong. dan disaat kosong, jangan pernah memakan pantangannya. karena itu sama aja lo bunuh diri! pokoknya, keep healthy dah! sakit maag itu ga enak, bener deh suer!  Monkey Emoticons 

sumber: disini dan disini

note: lambung itu organ yang paling penting dalam tubuh. so, sayangi lambung lo dari sekrang kalo lo gamau bernasib naas seperti gue! hahaha


No comments:

Post a Comment