Friday, April 25, 2014

Gen90 #1: Telenovela

hai bloggers~!
ga kerasa udah di penghujung april aja, yah. berarti postingan terakhir gue hampir sebulan yang lalu. huaaaa sepertinya waktu yang gue sisihkan buat sekedar 'curhat' di blog ini memang sudah hampir tidak ada ya--"
memang rasanya jauh banget menurun, dulu aja dalam semalam bisa buat sampai 2 buah postingan, sekarang jangankan 2 semalam, sekali seminggu aja udah gada *okesip-_-
sama seperti postingan beberapa waktu lalu, kali ini gue nulis postingan lagi - lagi tanpa konsep, tanpa tema. gue nulis cuma buat mengisi kekosongan blog ini dan mencoba untuk mengembalikan minat gue buat nulis (lagi). dan gue baru inget! beberapa hari yang lalu sebenarnya gue udah mau buat postingan, tapi entah kenapa rasanya niatnya belum cukup besar. alhasil, ya dibawa tidur deh. hahaha.
jadi ceritanya beberapa hari yang lalu itu bermula dari sebuah postingan seorang teman di facebook yang berbagi link yang isinya cerita tentang telenovela jaman 90an. nah, karna satu link itu, bermuncullah link - link lain yang terkait tentang zaman - zaman 90an itu sendiri.
belakangan, cerita tentang Generasi 90an (yang selanjutnya bakal gue singkat jadi gen90) santer dibicarakan di dunia maya. bahkan, sudah ada sebuah buku yang diterbitkan untuk mengenang masa - masa 90an! waw! gue, sebagai salah satu anggota gen90 sendiri, benar - benar ngerasa kembali ke masa 12 tahun silam. dimana dunia anak - anak masih suci dan belum terkontaminasi sama benda yang bernama "gadget". dan gue ngerasa beruntung dilahirkan menjadi bagian dari gen90:)
jadi apa aja sih yang gue temukan?? yuk mari merapat~ :D


TELENOVELA 1990-2000
yap! ditahun - tahun itulah telenovela menjadi tontonan yang paling ditunggu - tunggu. dari sekian banyak telenovela, ada beberapa telenovela yang selalu gue tunggu - tunggu nih. apa aja sih??

1. Amigos X Siempre
dari namanya aja pasti para gen90 sudah ga asing lagi dong ya. iya , ituu. telenovela yang diperankan sama gadis cantik yang bernama Anna, dan laki - laki ganteng yang kemudian dikenal dengan Pedro. sejujurnya yang paling gue inget sebatas itu doang (dan juga lagunya), kalo soal cerita jangan tanya! hahaha. tapi tenang, masih ada mbah gugel yang bisa bantuin gue:D
nah ini dia para pemain di Amigos X Siempre. masih inget dong ya pasangan berdua yang paling depan itu Anna dan Pedro. hayo siapa yang masih inget sama pemain yang lainnya?? (gue mah cuma inget nama tapi lupa mana orangnyaxD)
sinopsis:
Ada sebuah sekolah yang namanya  Instituto Vidal, sekolah ini termasuk high class dan punya peraturan yang sangat ketat. Siswa perempuan dan laki-lakinya pun dipisah. Pendirinya adalah Julia Vidal (neneknya Ana). Nah salah satu yang saya suka juga tokoh-tokohnya kompleks, anak2 ini masing-masing punya latar belakang yang berbeda. 
Ana, ibunya sudah meninggal dalam kecelakaan mobil, ayahnya yaitu Fransisco (menantu Julia Vidal) sangat kejam dia juga cuma ingin harta warisan Vidal saja, dalam depresinya Ana ternyata memiliki kekuatan untuk bisa menggerakkan benda dengan pikirannya.
Pedro, anak angkat Salvador (pamannya Ana) jadi Pedro sama Ana itu sebenarnya sepupu tapi bukan sepupu kandung. Kehadiran Pedro juga yang bisa membuat Ana ceria lagi.
Santiago, anak kaya raya yang sombong, dia suka sama renata dan selalu bersaing sama Pedro.
Renata dan Gilberto. Mereka adalah saudara, Renata sangat tidak suka dengan adiknya yang cacat itu, karena Gilberto selalu mendapar perhatian lebih dari orangtuanya. Renata suka iri sama Ana,  dia juga pengen deket sama Pedro. 
Renata juga punya pengikut setia yang namanya Pratricia, dia sebenarnya berasal dari keluarga yang kurang mampu dan selalu menginginkan kehidupan mewah seperti Renata.
Lourdess, sahabat setianya Ana. Lourdes ini imut banget, dia punya seorang adik yang autis, namanya Carlitos. Lourdess suka diejek oleh teman-temannya karena punya saudara yang autis, tapi dia tetap sayang dengan adiknya.
Rafael, yang doyan makan. Dia ini 50:50 suka ngikut Santiago tapi juga sebenarnya baik sama Ana dan Pedro cs, dia juga naksir berat sama Patricia klo gk salah.
Terus ada juga anaknya penjaga sekolah yang namanya Juan.
Alur ceritanya bagus bgtt, yang paling diinget itu waktu mereka terdampar di Afrika, ketika kemah di hutan Ana kena gigitan laba-laba berbisa, Pedro berusaha nyari penawarnya.
Dan endingnyaaa.. mereka bisa bersatu dalam sebuah kelompok musik (El group).  Dan di episode terakhirnya.. mereka show di Lapangan Sepak Bola Live. #keren (repost from here)

2. Carita de Angel
kalo cerita yang satu ini, gue masih inget banget sama tiga kata ini >> "tante rambut palsu" (oleh gadis mungil pemeran utama Dulce Maria). hahaha, itu tante yang dandanannya dari ujung kaki sampe ujung kepala 1 warna! (untung warna kulit masih normal). ini ni si tante yang (kalo nggak salah) ngejar - ngejar papanya Dulce Maria. dan (masih) gue nggak inget lagi jalan ceritanya begimana--a
                                                
 
sinopsis:
Dulce Maria adalah seorang gadis berusia 5 tahun yang manis penuh dengan sukacita , kasih sayang , dan perasaan yang baik . Setelah kematian ibunya , Luciano Larios ( ayah Dulce Maria ) , tenggelam ke dalam depresi dan tinggal di luar negeri selama beberapa tahun, ia meninggalkan putrinya dan orang-orang yang ia kasihi untuk menghilangkan stress akibat ditinggal mati istri tercinta. . Dulce María pun tinggal di sekolah berasrama "Reina de America" (Queen of America). Satu-satunya kerabat yang mengunjungi dia adalah Bibi Estefania "Tia Wig" ( Bibi Wig ) karena dia memakai satu set besar dan bervariasi dari wig warna-warni , bukannya menunjukkan rambut aslinya. Dulce María sangat sayang dengan guru2nya, khususnya Cecilia dan Fortunata.  

Dulce Maria juga memiliki tempat rahasia di sekolah yang dikenal sebagai "Ruangan Gelap". Di sana, Dulce maria selalu berimajinasi menyenangkan yang aneh2 (maklum lah imajinasi anak2, tapi kocak banget!!! hahaha). Di ruang itu dia juga berbicara dengan ibunya Angelica yang sudah mati, ibunya memberikan nasihat kepadanya dan menceritakan kisah-kisah indahnya.  Dulce Maria pun sangat bahagia ketika setelah absen dua tahun, Luciano (ayahnya) mengumumkan kembali ke Meksiko. Namun kegembiraannya memudar ketika ayahnya tiba dengan Nicole , seorang wanita egois yang juga tunangan Luciano. Satu-satunya alasan dia untuk berada bersama Luciano adalah uangnya dan dia melihat Dulce Maria sebagai gangguan belaka. Rencananya adalah untuk menyingkirkan putri Luciano dengan caranya sehingga dia bisa memiliki kekayaan Luciano untuk dirinya sendiri. Merasa bahwa ayahnya tidak akan bahagia menikah dengan Nicole, dan tidak ingin kehilangan kasih sayang ayahnya, Dulce Maria menetapkan berbagai cara untuk mengakhiri hubungan ayahnya dengan Nicole dan membuat ayahnya tertarik kepada guru Cecilia, yang lebih merupakan sosok ibu daripada Nicole. Luciano perlahan-lahan menyadari bahwa dia tidak mencintai Nicole , dan mulai tertarik dengan Cecilia. Setelah melewati berbagai rintangan, dan juga dengan dukungan dan bantuan Dulce Maria yang mempersatukan ayahnya dan Cecilia, akhirnya keduanya pun menikah, dan Dulce Maria pun memiliki Ibu, Ayah, dan Adik laki-laki lucu yang baru. (repost from here)

3. Maria Belen
siapa sih yang nggak inget sama gadis mungil dengan rambut yang ikal selalu dikepang dua ini?? >< (dan plis dont ask me about the story! hahaha)


sinopsis:
Maria Belen adalah seorang anak yatim piatu., dan dia bersekolah di sebuah sekolah yang peraturannya ketat, Maria sering di bullying sama temen-temennya, trus juga ada guru yang jahat (kalau nggak salah namanya Ursulla), tapi ada juga salah satu guru yang selalu baik padanya (lagi-lagi saya lupa namanya..kalau nggak salah Ana, tapi wajahnya saya ingat, dia juga pernah main di Carita de Angel, sebagaii...Tante rambut palsu..xixixi.. XD).
selanjutnya (saya lupa..hoho).. pokoknya nanti ada si Maria ini akhirnya bertemu dengan ayah biologisnya, dan ayahnya menikah dengan guru baik lagi... :D (repost from here)

4. BettyLa Fea
nah, ini telenovela yang terakhir (yang terakhir gue post maksudnya:3). gue nggak bakal lupa sama pemeran utamanya si cewek dengan kacamata besar, gigi berkawat, serta poni selamat datang! hahaha. dulu itu orang - orang pada malu kan ya pake kawat gigi, tapi sekarang ga pake kawat gigi malah ga keren << salah fokus--". oke, pokoknya jangan tanya gue gimana ceritanya! plis jangan!!-..-

sinopsis:
Betty adalah gadis yang tidak menarik tapi pintar, dia bekerja sebagai sekretaris di EcoModa yang bergerak di bidang fashion, dia seringkali jadi bahan ejekan di kantornya, dia menjadi kaki tangan Armando (pimpinan EcoModa) dalam penyelamatan finansial EcModa.

Walaupun Betty adalah lulusan terbaik tetapi itu tidak menjadi jaminan karna segala hal yang mengesankan itu menjadi hilang di karnakan penampilan, dari segala usahanya mencari kerja akhirnya dia di terima di EcoModa sebuah perusahaan di bidang fashion yang di bangun oleh dua keluarga yaitu Mendoza dan Valencia, trik Betty untuk di terima di EcoModa adalah dengan tidak menyertakan fotonya di lamaran.

Armando Mendoza adalah pemimpin EcoModa yang baru, dia tampan pintar dan terpelajar, dia adalah putra dari Roberto Mendoza yang telah pensiun, Marcela Valencia adalah tunangannya seorang executive dan putri dari co-founder EcoModa Valencia. Teman Marcela yang bernama Patricia Fernandez juga melamar jadi sekretaris, Marcela lebih menyarankan Patricia yang menjadi sekretaris tetapi Armando mengaggap Patricia adalah kiriman Marcela yang ingin memata-matainya dan juga Patricia tidak begitu pintar di banding Betty, hanya karna ingin menyenangkan Marcela Armando akhirnya menerima Patricia untuk menjadi sekretarisnya juga bersama Betty. Patricia di tempatkan di Lobby sedangkan Betty di tempatkan di ruang dalam di samping kantor Armando, namun begitu Betty bisa membuktikan bahwa dia berguna.(repost from here)

oke. itu tadi beberapa telenovela yang sempat booming di tahun 90an sampai awal 2000an. masih banyak telenova - telenovela lain yang bisa lo tanyain ke mbah gugel, tapi dari sekian banyak telenovela itu ya 4 telenovela diatas yang (rasanya) selalu gue nanti:3
bercerita tentang tahun 90an vs 2010an, sejujurnya gue emang sedikit miris dengan anak - anak zaman sekarang. dulu waktu gue masih kecil - kecil, biasanya pena pake tali yang menggantung di leher, sekarang penanya udah berubah jadi blackberry, samsung, bahkan mungkin iPhone. emang sih niat orangtuanya baik, biar ntar ga susah ngubungin kalo ada apa - apa, tapi kalo menurut gue umuran itu masih terlalu dini untuk dikenalkan dengan benda - benda semacam itu. kenapa? karena nanti anak - anak itu malah lebih memilih autis sendiri ketimbang bersosialisasi dengan teman sebayanya. kasian banget adik - adik 'pelurus' bangsa ini. dan lagi, mana serial - serial di TV sekarang nggak ada yang 'pantes' buat anak - anak. ceritanya cinta - cintaan mulu, bahkan terkadang cerita anak tentang anak SD lebih banyak cerita cinta dibanding tentang persahabatan, atau apapunlah yang lebih mendidik (kasihan sekali). bahkan penayangan kartunpun sudah diboikot denga acara - acara live yang gue rasa nggak penting. dulu itu hari minggu emang waktunya buat ngabisin waktu di depan TV. dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore selalu diputerin kartun anak - anak. sekarang? boro - boro, kartun tayangnya subuh doang. trus dilanjutin acara hura - hura-..-
sebenarnya pengen ngebahas yang lain, tapi kayaknya ini udah kepanjangan. dan lagi baru sadar hampir jam 3 pagi--" yang lainnya kita bahas di gen90 sesi selanjutnya yaa:D





note: untuk para produser terhormat, tayangin lagi dong cerita - cerita yang ada di tahun 90anxD

1 comment: