Tuesday, July 24, 2012

Welcome Ramadhan

hai bloggers! *lap blog pake kemoceng*
first, gue cuma mau ngucapin "Marhaban Ya Ramadhan", minal aidin walfaizin ye :D
*telat banget sih* yayaya, gue tau gue udah telat (pake banget) buat ngucapinnya. tapi, yang penting masih di bulannya kan ya?? :p
sekedar info, saat gue mengetik postingan ini, gue lagi ngeberesin kamar gue yang seperti tak berpenghuni << abaikan!
nah, kalo udah puasa begini pasti banyak deh kegiatan ato kebiasaan - kebiasaan yang kita lakuin hanya sekali setahun. ya, seperti kegiatan rutin ato tahunan gitu disetiap bulan ramadhan. jadi, kali ini gue bakalan nge-share beberapa "Tradisi Unik Jelang Ramadhan". chek it out :D


1. Main Bola Api di Halaman SD
Memasuki bulan Ramadan, warga Desa Sawangan, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan memiliki tradisi unik, yakni bermain bola api di halaman SD Sawangan.
image
hati - hati bg kebakar. hahaha
kegiatan ini katanya udah yang ketiga kalinya. bola api yang dimanini bukan cuma bola kaki, bisa juga bola voli kalo udah bosan main bola kaki. wedew kebayang ga tuh main bola voli "api"?? ckckckck

2. Mandi Balimau
Salah satu persiapan yang unik dan bisa dijadikan sebagai agenda wisata jelang Ramadhan, adalah tradisi Balimau Kasai atau lebih sering disebut mandi balimau yang dilakukan masyarakat Pasaman Sumatera Barat. 



hati - hati hanyut!
berhubung gue orang "minang" (yah walaupun yang minang asli itu orangtua gue), tradisi yang satu ini emang rasanya "booming" banget menjelang ramadhan. biasanya orang - orang melakukannya disungai - sungai ataupun danau - danau terdekat. kalo liat dari namanya, mandi balimau, orang pasti mikirnya itu adalah masyarakat yang mandi pake limau (jeruk). bukan bukaaaaan. balimau itu maksudnya mandi disertai keramas, juga niat menyucikan diri. kalu gue sih, sejauh yang gue inget gue baliamu itu ya dirumah doang. takut kalo ke sungai atopun kedanau. soalnya gue ga pande berenang sih, tar malah hanyut lagi -_-"
3. Tradisi Sadranan, Nyekar di Makam Leluhur Sambil Berpesta
Tradisi sadranan yang berlangsung setiap menjelang bulan Ramadhan, di wilayah Kabupaten Klaten, berlangsung semarak dan meriah. Keadaan di desa-desa di beberapa wilayah kecamatan penuh sesak manusia dari segala usia. Bahkan warga luar desa pun ikut membaur, berpesta ria. Umumnya, acara tradisi tersebut dilakukan di makam-makam leluhur (pepuden).
Add caption
hemm, kalo nyekar beberapa hari menjelang ramadhan itu memang bukan hal yang tabu lagi. tapi, kalo nyekar sambil berpesta?? waw, ga kebayang ya ngadain pesta dikuburan -_-" jangan - jangan yang didalam kubur ikutan pesta lagi *ups.

4. Dugderan
Di Semarang, ada tradisi dugderan yang berbentuk festival dan pasar malam. Dugderan biasanya dilakukan satu minggu sebelum puasa. Banyak barang yang dijual para pedagang. Mulai dari mainan hingga pakaian. Ada pula hiburan seperti komidi putar.
Konon, dugderan berasal dari gabungan kata “dug” (suara bedug) dan “der” (suara meriam). Kedua benda ini dahulu dipakai untuk menandakan datangnya bulan suci Ramadhan.
suasana pawai dugder
nama yang unik dan kreatif! :D

5. Makan Kue Apem
Masyarakat Surabaya lazim mengonsumsi kue apem saat bulan puasa datang. Diduga, nama apem berasal dari bahasa Arab “Afwan” yang artinya maaf. Karena itu, secara simbolis apem diartikan meminta maaf kepada keluarga, teman, dan sanak saudara. Acara memakan kue apem bersama-sama dilanjutkan dengan bersalam-salaman dan tahlilan.

oke, sekian info dari gue. sebenarnya masih banyak lagi tradisi - tradisi lainnya, cuma karena koneksi internet gue yang bikin emosi, jadinya gue cuma dapat segini -_-"

note: happy fasting all :D

2 comments:

  1. yang pernah nonton cuma yang dugderan saja saat masih di semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya tahu cuma balimau saja mas, yang lain belum pernah liat :D

      Delete