Thursday, March 8, 2012

ALAY, whats wrong with that word?

hai bloggers!
gue baru aja ngebaca blog temen gue (namanya disamarkan) yang ALAY abis! maklum sih, itu memang masih jamannya gue dan dia itu meng-ALAY. 2008 mamen, masih SMA itu. nah, kali ini gue mau membahas tentang"ALAY"! ya, hanya 4 huruf, A-L-A-Y. and what's that?
lo pasti udah pada tau dong maksudnya apa? of course you do! karena kata ini bukan hal yang tabu lagi. gue, elo dan semua orang PERNAH melalui masa ke-ALAY-an ini, bukan? ya, contohnya gue. gue akui dulu waktu semasa SMA bahkan tahun pertama gue masuk kuliah itu gue MASIH ALAY! bayangin aja, nulis sms itu "CMZ" (cotrimoxsazol kali --"). entah bagaimana orang membacanya. ada lagi nih, nulis aja itu "AJJ" (gimana cara bacanya neng?). oke, gue akui kalau itu memang suatu hal yang tidak aneh disaat itu memang masanya meng-ALAY. tapi ya rasanya kalo udah seumuran gue ini apalagi yang udah lebih tua tapi gaya bahasanya itu (terutama sms, fb) masih gabisa kebaca itu, hemmmm. oke, kita liat yuk apa sih sebenarnya ALAY itu. cekidot..


Alay adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. "Alay" merupakan singkatan dari "anak layangan."[1] Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan.[2] Selain itu, alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan dan selalu berusaha menarik perhatian.[1] Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup.[1] Dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan.Di Filipina terdapat fenomena yang mirip, sering disebut sebagai Jejemon.

see? hahaha. gue ga mau banyak omong deh. yang jelas sebenar dan sesungguhnya ALAY itu bukan hal yang aneh kalau kita memang dalam masanya (rd: remaja). tapi kalo udah lewat masanya, baru bisa dibilang ANEH! setuju apa ga sama postingan gue ini, terserah lo :)

No comments:

Post a Comment